Tantangan Industri Pangan di Era Industri 4.0



Cepatnya perubahan informasi di internet dan didukung perkembangan teknologi yang semakin canggih, memberikan peluang bagi industri pangan dalam pemenuhan keinginan konsumen yang semakin beragam. Gaya hidup masyarakat seperti meningkatnya kesibukan keluarga dalam bekerja mengakibatkan berkurangnya konsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah, meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan keamanan pangan, dan meningkatnya penghasilan masyarakat menimbulkan suatu peluang pasar yang harus disikapi dengan baik oleh industri.


“Industri makanan dan minuman sekarang telah bergerak kearah industri 4.0 dengan konsep smart industry dimana semua elemen terkoneksi dengan elektronik. Sehingga service merupakan hal yang paling diutamakan demi memenuhi kebutuhan konsumen,” tutur Marketing Advisor PT TUV NORD Indonesia, Eva Pitterling, dalam seminar bertajuk Food Safety Challenges in The Era of Industry 4.0 yang diselenggarakan di Jakarta, pada Rabu 5 Oktober 2016. Seminar diikuti oleh para profesional di industri pangan, importir dan laboratorium sertifikasi.


Menurut Pengajar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, perkembangan industri tidak lepas dari sejarah panjang revolusi industri dimana pada abad 18 yang masih menggunakan peralatan mesin sederhana, hingga ditemukannya listrik, dan sampai sekarang berkembang cyber systemFri-29

 

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...