Pengembangan Pertanian Nasional dengan Konsep Kemitraan



Pertumbuhan penduduk dunia yang diikuti dengan perkembangan gaya hidup memberikan peluang pagi Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan global yang diprediksi meningkat baik pada 2018. Menteri Perencaan Pembangunan Nasional RI, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa perdagangan dan pertanian merupakan dua dari enam sektor utama bagi pengembangan ekonomi nasional.

"Indonesia bisa berkaca pada Negara Chili di mana negara tersebut dapat bertransformasi dari negara berpendapatan sedang menjadi negara berpendapatan tinggi karena ekspor dari komoditas sayur dan buah," tutur Bambang dalam Jakarta Food Security Summit ke-4 yang diselenggarakan di Jakarta pada 8-9 Maret 2018 dengan mengusung tema Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan pertanian harus dilakukan dengan kemitraan, salah satunya dengan yaitu konsolidasi lahan yang bisa memperluas lahan sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi. Konsolidasi lahan juga memberikan kemudahan dalam mendapatkan dukungan, misalnya sertifikasi, permodalan dan lainnya. Fri-29

Artikel Lainnya