Tren Pengembangan Perisa di Indonesia



Preferensi masyarakat terhadap cita rasa produk pangan terus berkembang. Flavor juga menjadi salah satu parameter penting pemilihan produk, di samping nilai gizi dan lainnya. Saat ini, banyak berkembang perisa baru yang diaplikasikan oleh pelaku industri pada berbagai produk pangan. "Berdasarkan data Mintel tahun 2017, di kategori produk perisa, flavor keju, sayur dan flavor pedas menjadi perisa utama yang banyak dikembangkan," tutur Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Dr. Ing. Dase Hunaefi dalam In-depth Seminar Foodreview Indonesia, Seasonings: Key Ingredients for Better Food Quality yang diselenggarakan di Bogor pada 8 Mei 2018.

 

Terkait flavor keju, Ia menjelaskan bahwa saat ini perisa keju dengan mudah diaplikasikan dalam berbagai produk, misalnya snack dan mi instan. "Flavor keju ketika ditambahkan pada pangan akan memberikan nilai lebih pada produk sehingga menambah nilai jual produk," jelasnya.

 

Ia menambahkan bahwa konsumen sekarang menginginkan produk pangan dengan cita rasa yang memberikan pengalaman baru. Hal tersebut menjadikan berkembangnya produk-produk premium, modern, indulgence, dan produk yang menawarkan kenyamanan dalam mengonsumsinya. Fri-29

Artikel Lainnya