Tren Snakification pada Konsumen Global



Mengembangkan produk atau membuat produk dengan variasi yang baru bukanlah hal yang sulit. Tetapi, membuat produk tersebut bertahan dan digemari oleh konsumen secara terus - menerus adalah tugas yang harus dipenuhi oleh setiap industri pangan. Untuk dapat bersaing dan membuat produk baru bertahan, maka diperlukan beberapa pendekatan terhadap konsumen. 

Melihat tren industri pangan menjadi salah satu cara untuk memenuhi tuntutan tersebut. "Ada banyak tren yang saat ini tengah menjadi perbincangan dan pertimbangan konsumen. Industri pangan harus dapat menangkap tren-tren tersebut," jelas Sales Excellence Director Asia Pasific Specialisty Food Ingredients Tate & Lyle, Philip Lin dalam Seminar "Making Food Extraordinary Tate & Lyle" yang diselenggarakan di Jakarta pada 18 Juli 2018 lalu.

Salah satu tren yang tengah meningkat adalah 'snackification'. Jika umumnya, kegiatan 'snackfication' lumrah dilakukan hanya pada saat siang hari, maka saat ini banyak dilakukan pada waktu malam hari dengan menambahkan beberapa nilai tambah seperti serat, herba, dan ingridien lain yang menyehatkan. Sehingga, meningkatkan keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk tersebut tanpa kekhawatiran akan aspek kesehatan serta waktu konsumsi yang lebih bebas. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...