Ekonomi Keamanan Pangan



Di samping konsekuensinya terhadap kesehatan manusia (bahkan menyebabkan kematian), permasalahan keamanan pangan juga memberi akibat yang serius terhadap aspek ekonomi. Biaya dan kerugian sebagai akibat permasalahan keamanan pangan akan menjadi tanggungan semua pihak yang berkepentingan; yaitu pihak rumah tangga (konsumen), industri, dan pemerintah secara bersama-sama. Biaya dan kerugian yang ditanggung oleh rumah tangga antara lain adalah (i) biaya medis, (ii) kehilangan produktivitas dan/atau (iii) biaya kematian. 

Sedangkan biaya dan kerugian yang harus ditanggung oleh industri antara lain adalah (i) kerugian karena menurunnya kepercayaan konsumen, (ii) kehilangan penjualan, (iii) kehilangan perdagangan internasional, dan/atau biaya untuk penarikan produk (product recall). Pemerintah juga terbebani dengan berbagai biaya dan kerugian, di antaranya adalah (i) biaya investigasi, (ii) kehilangan perdagangan, dan (iii) kehilangan turisme. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Februari 2019: Inovasi Bakeri. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya