Kontaminasi Listeria monocytogenes pada Jamur Enoki



Listeria monocytogenes adalah bakteri yang bisa ditemukan di lingkungan, seperti di tanah, tanaman, silase, limbah, air, fasilitas pengolahan dan sebagai penghuni sementara (trancient resident) di usus manusia carrier (2-10%). L. monocytogenes yang ditemukan di jamur enoki dapat disebabkan oleh kontaminasi dari lingkungan selama produksi atau diproduksi dengan sanitasi yang kurang baik.

Konsumen yang harus sangat berhati-hati adalah ibu hamil, karena ketika menginfeksi ibu hamil yang hanya menunjukkan gejala flu, bakteri tersebut bisa ditransmisikan ke janin sehingga bisa menyebabkan keguguran, lahir prematur, bayi lahir-mati (stillbirth) atau pun lahir dengan meningitis.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juli 2020, Back to Basic: Food Safety First. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / (0251) 8372-333 / WA 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #backtobasic #foodsafetyfirst #foodsafety

Artikel Lainnya