Karakteristik Sensori Konsumen Indonesia



Indonesia terdiri atas berbagai macam suku yang memiliki pola konsumsi yang berbada. Pola konsumsi tersebut yang mungkin membedakan karakteristik sensorismasing-masing daerah di Indonesia, terutama untuk karakteristik dasar yaitu manis, asam, asin, dan umami.

Konsumen Indonesia merespon rasa manis pada level 4 derajat brix dan maksimal penerimaan rasa manis pada 8 derajat brix. Angka tersebut menunjukkan kesamaan dengan Thailand dan Vietnam. Penggunaan pemanis alternatif non gula bertujuan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan untuk kontrol asupan kalori dari karbohidrat dan gula, serta membantu mempertahankan atau mengurangi berat badan.
 
Baca artikel selengkapnya di FOODREVIEW INDONESIA Edisi Indonesian Flavors: Spicing Up The World, April 2017 di  www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...