Jenis-Jenis Teknologi Plasma untuk Produk Minuman



Teknologi plasma dibagi menjadi dua jenis yakni denominated nonthermal plasma (NTP) atau plasma dingin (cold plasma) dan thermal plasma. Plasma dingin dihasilkan pada suhu 30-60OC di bawah tekanan atmosfer atau ruang hampa (vacuum) dan membutuhkan lebih sedikit daya. Hal tersebut sangat sesuai jika diaplikasikan pada produk yang sensitif pada panas karena ion dan molekul yang tidak bermuatan mendapatkan sedikit energi dan stabil pada suhu rendah. 

Beberapa jenis plasma dingin di bawah tekanan atmosfer yang dapat digunakan antara lain (i) plasma jets (ii) dielectric barrier discharges (DBD) (iii) corona discharges (iv) microwave discharges. Masing-masing dari jenis plasma dingin tersebut memiliki keuntungannya masing-masing diseseuaikan dengan produk, ukuran produk maupun kemampuan mencapai ke celah yang sempit sekalipun (Misra dkk, 2016). 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya