Pemanfaatan Limbah Padat Produk Bakeri



Industri bakeri merupakan salah satu industri pangan utama dunia dengan  berbagai skala produksi dan jenis produk yang dihasilkan. Produk bakeri secara umum meliputi roti, pastri, kue, biskuit, dan produk khusus seperti  donat, bagel, dan lainnya. Saat ini roti dan kue sudah menjadi bagian dari diet sehari-hari masyarakat Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika produksi roti dan kue di Indonesia terus meningkat.

Data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2010-2015  menunjukkan bahwa jumlah perusahaan roti dan kue naik 11%, jumlah tenaga kerja meningkat 48%, nilai produksi dan nilai tambah meningkat masing-masing 124% dan 169%. Berkembangnya industri, khususnya industri pangan, akan selalu menghasilkan produk buangan atau limbah. Tanpa penanganan yang tepat, produk tersebut akan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Februari 2019: Inovasi Bakeri. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya