Pengurangan Gula untuk Produk Pangan


 

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan beberapa hal negatif seperti kelebihan berat badan dan obesitas, kerusakan gigi, hingga diabetes. Asupan gula terutama dalam bentuk minuman manis dapat meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan. Hal ini mengarah pada pola konsumsi yang tidak sehat dan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular. “Beberapa intervensi yang dapat dilakukan untuk mengurangi asupan gula adalah reformulasi, pelabelan gizi, pembatasan promosi pangan yang mengandung gula tinggi, dan lainnya,” ujar Ketua Tim Standardisasi Klaim dan Informasi Nilai Gizi, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan, Badan POM, Ati Widya Perana, SP., MP. dalam In-Depth Seminar FoodReview Indonesia - Sugar Reduction and Healthy Diet: Challenge and Opportunity for Beverage Industry yang diselenggarakan di IPB International Convention Center Bogor, 11 Mei 2023. 

 

Tidak jauh berbeda, Marketing Manager Asia, Cargill, Caroline Tan juga mengungkapkan bahwa salah satu faktor pendorong dalam mengurangi gula dalam produk pangan adalah kesehatan. “Di Indonesia, 1 dari 2 konsumen mengurangi asupan gula dalam diet mereka. Selain itu, mayoritas masyarakat di Asia toleransi terhadap kadar gula yang lebih rendah selama rasa manis yang didapatkan masih sesuai,” katanya. Untuk itu, pengurangan gula pada produk pangan menjadi hal yang potensial terutama kaitannya dengan kesehatan masyarakat secara luas. Fri- 35

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...