Hari Kokoa Indonesia, Gencar Promosikan Produk Olahan Cokelat Asli Indonesia




Melalui Keputusan Menteri Pertanian No. 3470/Kpts/PD.320/10/2012, Pemerintah menetapkan hari dimana kakao dan cokelat Indonesia di promosikan secara khusus. Tepat setahun lalu, pemerintah meresmikan Hari Kakao Indonesia. Untuk memperingati Hari Kakao, berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan kakao dan cokelat Indonesia diselenggarakan. Tahun ini, Pemerintah dan berbagai stakeholder kakao dan cokelat Indonesia menggelar Cocoa Day Expo di Mall Taman Anggrek Jakarta, selama 5 hari yakni mulai tanggal 18-22 September 2013.

Mengambil tema “Cokelatku, Budayaku, Indonesiaku”, acara ini bertujuan untuk membangun pamor Indonesia sebagai Negara penghasil kakao terbaik ketiga di dunia dan agar dapat menjadi produsen produk olahan (makanan dan minuman) berbahan baku cokelat yang berkualitas.

Selaku ketua penyelenggara hari kakao ini, Adhi Lukman, dalam sambutannya mengatakan, “Hari Kakao Indonesia ini juga diharapkan dapat meningkatkan konsumsi cokelat masyarakat Indonesia yang masih terbilang rendah, yakni hanya 0,25 kg/kapita, masih rendah bila dibandingkan dengan Negara tetangga yang sudah mencapai 10 kg/kapita”. Acara yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, serta berbagai industri pangan ini diharapkan dapat mengundang masyarakat luas. Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan, “penyelenggaraan hari kakao di mal ini diharapkan dapat mengundang atensi masyarakt luas. Masyarakat supaya lebih mengenal cokelat Indonesia dan tentunya akan lebih menyukai cokelat Indonesia”. Selain pameran produk cokelat dan olahannya, digelar juga lokakarya yang membahas peningkatan sustainabilitas dan produktivitas kakao Indonesia. Ada juga berbagai demo yang menggunakan cokelat, lomba mendekorasi kue dengan cokelat dan berbagai lomba foto.

Adhi menilai, pertumbuhan sektor hilir (industri pengolahan kakao) yang lebih pesat jangan sampai tidak dibarengi dengan perbaikan di sektor hulu. Karena hal ini bisa mengakibatkan ketidaksinambungan. Karena itu diharapkan Hari Kakao Indonesia ini juga dapat memacu bagian hulu industri cokelat Indonesia agar lebih sustain dan produktivitasnya meningkat. Ita

Artikel Lainnya