Preferensi Konsumen Terhadap Produk Bakeri



Konsumen mempunyai kriteria tertentu terhadap mutu roti terutama kesegaran (freshness) dan aroma roti. Bread staling merupakan perubahan fisiko-kimia yang kompleks yang terjadi secara perlahan sehingga menyebabkan pengerasan crumb dan pelunakan crust sehingga roti kehilangan kesegarannya. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kelembutan roti sehingga kesegaran roti dapat terjaga dalam waktu yang lebih lama. Di samping itu, tingkat kesukaan konsumen terhadap roti juga berbeda-beda, misalnya roti sandwich Inggris mempunyai struktur crumb yang lembut dan tekstur sangat halus, namun tidak populer di Perancis yang menyukai baguettes dengan crust yang renyah, berlubang besar dan crumb yang kenyal. 

Kesukaan konsumen sekarang cenderung bergeser ke arah produk produk yang lebih menyehatkan. Konsumen semakin cerdas dan lebih memerhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan roti termasuk bahan tambahan untuk memperpanjang umur simpan roti. Hal ini merupakan tantangan bagi industri bakeri untuk memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Oleh karena perkembangan dalam industri bakeri dan permintaan untuk produk-produk yang lebih bervariasi dan alami, maka enzim menjadi semakin penting dalam industri bakeri.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Localizing Bakery Products" | Januari 2018 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya