Perlunya Manajemen Warna untuk Produk Pangan


 

Warna merupakan salah satu komponen penting yang menentukan kenampakan produk pangan sehingga pemahaman tentang persepsi warna dan pengukurannya perlu diketahui oleh pelaku industri. "Elemen dasar warna ada tiga, yaitu adanya sumber warna, produk dan pengobservasi," tutur Sales Manager Kinoca Minolta PT Almega Sejahtera, Gregorius Stanley dalam Technical Seminar: Color & Light Management pada 5th Edition Indonesia Laboratory, Scientific Analytical Equipments & Service Exhibition and Conference yang diselenggarakan di Jakarta pada 4-6 April 2018.

 

Ia menjelaskan bahwa persepsi warna dipengaruhi beberapa faktor, antara lain perbedaan sumber warna, perbedaan latar dan pengobservasi, serta perbedaan arah cahaya. "Pengukuran warna diperlukan karena warna tidak terekam dengan baik dalam memori otak," jelas Stanley. Secara global, pengukuran warna diatur oleh The International Commission on Illumination (ICE). Menurut ICE, kuantifikasi warna didasarkan pada standardisasi sumber cahaya, pengobservasi, metode pengukuran, dan sistem pewarnaan. Fri-29

Artikel Lainnya

  • Jan 24, 2021

    Rantai Pendingin Industri Pangan 2021

    Biaya logistik nasional untuk produk barang konsumen dan pangan masih terbilang tinggi, rerata 26% dari PDB nasional. Hal ini memerlukan pengelolaan platform dari hulu ke hilir atau dari first mile ke last mile, yang lebih lanjut dapat disebut sebagai Cold Chain Logistics Platform. ...

  • Jan 23, 2021

    Strategi Percepatan Perapan Kecerdasan Buatan

    Penerapan dan adopsi teknologi digital maju seperti AI di industri pangan masih belum sesuai harapan. Banyak industri pangan saat ini berada pada posisi wait and see. Jika pesaingnya menerapkan AI, barulah dia juga akan menerapkan AI. ...

  • Jan 22, 2021

    Inovasi Kecerdasan Buatan untuk Industri Pangan

    Berbagai inovasi penggunaan kecerdasan buatan untuk pangan telah dilakukan di berbagai negara maju. Sebagai contoh, Majalah Forbes (April 2020) menyajikan artikel yang berjudul “This AI Camera Can Help Restaurants Show that Their Food is Safe from Coronavirus”. Penemuan mutakhir ini merupakan terobosan yang cukup nyata dalam industri pangan. Alat ini mampu memastikan bahwa makanan yang dihidangkan terbebas dari virus korona karena telah dipersiapkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dimungkinkan karena pembuatan makanan dipantau lewat kamera yang menggunakan algoritma cerdas dan teknik image recognition. ...

  • Jan 21, 2021

    Kecerdasan Buatan untuk Industri Pangan 2021

    Saat ini digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan industri. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan robot mampu melaksanakan berbagai tugas lebih cepat dan lebih baik (presisi) dari pada manusia. Walaupun atmosfir digitalisasi di industri pangan sudah terasa sejak dicanangkannya program “Making Indonesia 4.0” beberapa tahun lalu, namun penerapannya masih belum memuaskan. Diperkirakan baru sekitar 5-10% industri pangan yang sudah melaksanakan program digitalisasi. Selebihnya baru pada tahap pengenalan (familiarisasi) atau bahkan belum mengenal digitalisasi sama sekali. Padahal kalau kita bandingkan dengan luar negeri, negara kita masih jauh tertinggal dalam proses digitalisasi. ...

  • Jan 20, 2021

    Kinerja Pangan Strategis

    Dari sisi suplai, sektor pertanian mencatat pertumbuhan positif dan menjadi bantalan (cushion) di tengah resesi ekonomi Indonesia. Sektor pertanian tumbuh 2,19 dan 2,15% (y-on-y) dan pada Q2 dan Q3- 2020. ...