Perlunya Manajemen Warna untuk Produk Pangan


 

Warna merupakan salah satu komponen penting yang menentukan kenampakan produk pangan sehingga pemahaman tentang persepsi warna dan pengukurannya perlu diketahui oleh pelaku industri. "Elemen dasar warna ada tiga, yaitu adanya sumber warna, produk dan pengobservasi," tutur Sales Manager Kinoca Minolta PT Almega Sejahtera, Gregorius Stanley dalam Technical Seminar: Color & Light Management pada 5th Edition Indonesia Laboratory, Scientific Analytical Equipments & Service Exhibition and Conference yang diselenggarakan di Jakarta pada 4-6 April 2018.

 

Ia menjelaskan bahwa persepsi warna dipengaruhi beberapa faktor, antara lain perbedaan sumber warna, perbedaan latar dan pengobservasi, serta perbedaan arah cahaya. "Pengukuran warna diperlukan karena warna tidak terekam dengan baik dalam memori otak," jelas Stanley. Secara global, pengukuran warna diatur oleh The International Commission on Illumination (ICE). Menurut ICE, kuantifikasi warna didasarkan pada standardisasi sumber cahaya, pengobservasi, metode pengukuran, dan sistem pewarnaan. Fri-29

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...