Inovasi Pangan di SAFOTECH 2017


 

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan membangun citra pangan tradisional bagi generasi muda, kegiatan SAFOTECH 2017 yang diadakan Universitas Sahid Jakarta menyelenggarakan kompetisi business plan. Kompetisi tahap 2 diikuti oleh 15 kelompok yang memamerkan produk makanan tradisionalnya.

 

 
Acara yang diselenggarakan pada 17 Januari 2017 ini dimenangkan oleh kelompok "Rolinza Onde" sebagai juara 1 business plan dan memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp 500.000,-. "Rolinza Onde" merupakan jajanan tradisional onde-onde dengan inovasi varian warna yang berbeda serta isian yang unik. Umumnya onde-onde disajikan dengan warna kulit yang kuning kecoklatan dengan isian kacang hijau. Namun, produk ini memberikan inovasi dengan memberikan 3 varian rasa menarik yaitu chocomalt yang diberikan warna merah, keju yang diberi warna kuning, dan kacang hijau yang diberikan warna coklat.
 
Selain unik dan warna yang menarik, harga yang ditawarkan produk ini juga cukup terjangkau yaitu Rp 10.000/bungkus. Semoga dengan adanya acara ini dapat menambah semangat generasi muda untuk terus berinovasi. KI-33

Artikel Lainnya

  • Jan 21, 2021

    Kecerdasan Buatan untuk Industri Pangan 2021

    Saat ini digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan industri. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan robot mampu melaksanakan berbagai tugas lebih cepat dan lebih baik (presisi) dari pada manusia. Walaupun atmosfir digitalisasi di industri pangan sudah terasa sejak dicanangkannya program “Making Indonesia 4.0” beberapa tahun lalu, namun penerapannya masih belum memuaskan. Diperkirakan baru sekitar 5-10% industri pangan yang sudah melaksanakan program digitalisasi. Selebihnya baru pada tahap pengenalan (familiarisasi) atau bahkan belum mengenal digitalisasi sama sekali. Padahal kalau kita bandingkan dengan luar negeri, negara kita masih jauh tertinggal dalam proses digitalisasi. ...

  • Jan 20, 2021

    Kinerja Pangan Strategis

    Dari sisi suplai, sektor pertanian mencatat pertumbuhan positif dan menjadi bantalan (cushion) di tengah resesi ekonomi Indonesia. Sektor pertanian tumbuh 2,19 dan 2,15% (y-on-y) dan pada Q2 dan Q3- 2020. ...

  • Jan 19, 2021

    Pola Konsumsi Masa Pandemi

    Sepanjang tahun 2020, komponen sisi pengeluaran seluruhnya mengalamai kontraksi, kecuali pengeluaran pemerintah yang mengalami pertumbuhan 9,76% (y-o-y) pada Q3-2020. Pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga masih terkontraksi minus 4,04%, pengeluaran konsumsi LNPRT (Lembaga non-profit yang melayani rumah tangga) juga minus 2,12%, investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) negatif 6,48%, ekspor negatif 10,82%, dan impor lebih parah sampai minus 21,86%. ...

  • Jan 18, 2021

    Industri Pangan 2021

    Pandemi virus korona di tahun 2020 telah menyebabkan perubahan di berbagai lini kehidupan, seperti cara berbelanja, bersosialisasi, belajar hingga hiburan dan lainnya. Industri pangan misalnya, harus segera menyesuaikan dengan kondisi yang tidak menentu untuk tetap dapat menyediakan kebutuhan pangan bagi konsumennya (yang lebih memilih dan sadar mencari produk-produk untuk kesehatan dan kebugaran). ...

  • Des 30, 2020

    Tren Snack Lebih Menyehatkan

    Produk snack bercita rasa asin-gurih (savory snacks) sampai saat ini masih banyak diminati dan mengisi pasar-pasar yang ada. Pertumbuhan ekonomi dan pergeseran demografis menciptakan pemintaan yang baru untuk produk dengan pengalaman rasa yang lebih banyak di negara Asia. Pasar konsumen yang muncul di Asia lebih memilih produk dengan flavor yang kuat dengan karakter eksotis yang lekat.  ...