Perkembangan Perisa Pangan di Jepang



Mengamati perkembangan produk-produk pangan di negeri sakura Jepang sangat menarik. Perkembangan berbagai produk baru yang seakan tak kenal jemu dan tampil indah, akan selalu mengundang decak kagum, selain menggugah selera untuk mencicipinya. Hampir dapat dipastikan pada setiap kunjungan akan ditemukan produk-produk baru atau setidaknya sesuatu yang baru. Selain itu, hampir dapat dipastikan pula akan ada kekhasan produk pada setiap wilayah yang dikunjungi yang tidak ditemukan pada produk di wilayah lainnya. 
Berkaitan dengan cita rasa yang dimiliki beragam produk tersebut tentu tidak semua produk membuat lidah bergoyang, bahkan terkadang berbeda dari harapan. Namun tak dapat dipungkiri banyak ide-ide kreatif yang dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan perisa (flavor) pangan di Indonesia sehingga sangat menarik untuk diperhatikan lebih jauh lagi.

Prof. C. Hanny Wijaya, Presiden Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia dan Dosen Depertemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor akan mengupas mengenail dinamika perisa pangan di negeri sakura tersebut. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol 1, No 1, 2017 edisi "Innovation Challanges 2017" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya