Kuliah S2 (Master Program) di Jepang dengan Beasiswa Ajinomoto



Setiap tahun Ajinomoto mengirimkan mahasiswa/i Indonesia untuk kuliah S2 di salah satu Universitas pilihan di Jepang.



Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation tahun 2020 ini kembali memberikan beasiswa program pascasarjana kepada mahasiswa/i Indonesia untuk melanjutkan studi di 7 Universitas pilihan yang ada di Jepang. Universitas yang bisa dipilih yaitu Tokyo University, Kyoto University, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, Nagoya University, Waseda University, & Tokyo Institute of Technology. Tawaran menarik dari perusahaan Jepang yang memproduksi bumbu masak, dan produk makanan, ini berupa beasiswa Program Master (S2) untuk bidang Ilmu Gizi & Teknologi Pangan. 

Ajinomoto Foundation setiap tahunnya memberikan beasiswa ini kepada 1 orang mahasiswa/i Indonesia dengan program Ajinomoto Post-Graduate Scholarship.  Program yang dilaksanakan sejak tahun 2010 ini merupakan Program Beasiswa Penuh, dengan rincian: tunjangan per bulan sejumlah 150.000 yen, ditambah tanggungan penuh biaya perkuliahan (tuition fees), admission, full examination, serta tiket pesawat ke Jepang.

Syaratnya, calon mahasiswa/i memiliki tekad yang kuat untuk melanjutkan studi Master pada bidang Science (Ilmu Gizi & Teknologi Pangan) dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,5.  Usia maksimal 35 tahun, dan tertarik untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang. Calon penerima beasiswa juga harus memiliki kondisi fisik dan mental yang kuat dan sehat, serta punya motivasi yang tinggi untuk belajar.

Salah seorang penerima program beasiswa Ajinomoto tahun lalu adalah Akrim Said, 26 tahun, asal Makassar, Sulawesi Selatan. Akrim merupakan Sarjana Ilmu Gizi lulusan Institut Pertanian Bogor, yang menerima program Beasiswa Ajinomoto di tahun 2019. Saat ini Akrim mengambil Program Master (S2) di Graduate School of Nutrition Sciences, Kagawa University, di bawah bimbingan Host Professor Yukari Takemi. Akrim memulai program sejak April 2019, oleh karena itu dia diprediksi baru akan lulus pada April 2022 dengan gelar Master of Science (M.Sc).

"Saya sangat bersyukur terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Ajinomoto, yang menurut saya seleksinya cukup ketat," ujar Akrim. Menurut Akrim, selama seleksi Ajinomoto Indonesia sangat profesional menyediakan akomodasi bagi semua peserta seleksi yang berasal dari beragam daerah di Indonesia.

"Beasiswa ini tidak mengikat kami untuk bekerja di mana nantinya setelah lulus. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi sosial dari Ajinomoto. Pilihan kampusnya pun merupakan kampus-kampus terbaik di Jepang," ucap Akrim.

"Saya berterimakasih kepada Pihak Ajinomoto Foundation di Jepang dan juga Ajinomoto Indonesia, yang telah membantu dan terus membimbing saya hingga saat ini," ucap Akrim. Program bimbingan yang diberikan antara lain bimbingan penyampaian progress report penelitian setiap tahunnya.

“Program beasiswa dari Ajinomoto Foundation ini telah menjadi salah satu fase terpenting dalam hidup saya. Saya berharap program beasiswa ini terus dilanjutkan untuk mendukung cita-cita para anak bangsa melanjutkan studi di Negeri Sakura, demi menimba ilmu untuk kemajuan bangsa Indonesia,” tutup Akrim.

Jika ingin mengetahui keseluruhan requirement atau syarat untuk mendaftar Beasiswa Ajinomoto tahun 2021, info selengkapnya dapat dilihat di : https://www.ajinomoto.co.id/id/beasiswa

Batas akhir pengumpulan formulir aplikasi dan dokumen pendukung (dalam bentuk hardcopy) paling lambat kami terima per tanggal 20 Maret 2020. Dikirimkan ke Ajinomoto Indonesia Head Office: Jl. Laksda Yos Sudarso No. 77-78 Sunter. Jakarta 13250.


Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...