Menengok Pengembangan Pasar Produk Lokal Thailand



Tipco adalah perusahaan jus buah terbesar di Thailand yang merupakan salah satu penyumbang  Growth Domestic Product (GDP) di negara tersebut. Produknya bukan hanya dipasarkan di skala domestik tetapi juga dalam skala mancanegara. Perusahaan yang berdiri sejak 1976 ini terus memberikan inovasi pada produknya untuk memenuhi keinginan konsumen. Luas pabrik saat ini mencapai 63.924 m2 mulai dari penerimaan bahan baku hingga gudang.

"Inovasi yang kita buat juga disertai dengan sertifikasi. Saat ini kita telah memiliki sertifikasi keamanan pangan,  good manufacture practices, FDA dan sertifikat halal. Kita juga melakukan quality assurance mulai dari bahan baku, sampling produk antara, dan produk akhir " tutur Technical Manager Tipco, Kannita Yodtanma dalam acara F&B Media Campaign di Ayutthaya, Thailand pada 19 April 2017.

Produk jus Tipco menggunakan 100% buah, tanpa tambahan pewarna ataupun perisa. Pasarnya pun terus berkembang terutama di Asia sejak 3 tahun lalu. Dalam pemasarannya Tipco menggunakan berbagai media seperti acara TV show di Korea Selatan, iklan, media sosial, dan kampanye lokal. Fri-33

Artikel Lainnya

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...

  • Mar 25, 2021

    Formulasi dan Fungsionalitas Snack Bars

    Tren kesehatan dan kebugaran pada produk pangan meningkat pesat pada beberapa tahun terakhir karena konsumen beralih dengan lebih memilih produk yang melalui sedikit proses (less-processed) dan lebih alami/organik dibandingkan produk regular.  ...

  • Mar 24, 2021

    Teknologi Snack Bars Ubi Jalar dan Kacang-kacangan

    Snack bars dapat dibuat dari bahan selain tepung gandum, oats dan granola, yaitu tepung ubi jalar, tepung kedelai dan tepung kacang hijau. Laboratorium Pengolahan Pangan, Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian telah melakukan riset dan pengembangan teknologi snack bars yang dibuat dari bahan pangan lokal.  ...