Pertumbuhan Industri Pangan Indonesia


 

Pada 2016 lalu, industri minuman ringan tumbuh sekitar 4% dengan tingkat pertmbuhan di pasar tradisional (traditional channel) sebesar 2-3% dan pertumbuhan di pasar modern (modern channel) mencapai 6-7%.  Beberapa jenis minuman yang tumbuh baik adalah minuman berenergi (16-17%), minuman isotonik dan sejenisnya (15-16%), jus (14-15%), dan minuman susu (13-14%).

Dari sisi konsumen, berdasarkan data pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) menurut pengeluaran, konsumen rumah tangga berkontribusi sebesar 54% dibanding ekspor dan lainnya. Adapun data BPS (2013) menunjukkan bahwa konsumen Indonesia membelanjakan 1,8-2% dari belanja bulanan untuk minuman. Dilihat dari kategorinya, selain AMDK, minuman elektrolit dan minuman berbasis teh tumbuh dengan cukup baik. ìMeskipun grafik pertumbuhannya relatif atau naik turun, namun yang pertumbuhannya stabil adalah AMDK, teh, dan minuman jus. Namun pertumbuhan tahun 2016 lalu pertumbuhannya turun,î jelas Ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM), Triyono Prijosoesilo.

 

Artikel selengkapnya baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Agustus 2017 "Beverages: Thirst Quenching Industry"

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...