Fungsi Kemasan Sebagai Media Informasi Produk Pangan



Berdasarkan data Euromonitor International (2010), rata-rata penduduk Indonesia membelanjakan 43% dari penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tren global ditandai dengan pertumbuhan pasar-pasar modern yang tinggi, sedangkan di Indonesia perkembangan pasar cenderung pada meningkatnya minimarket dan convenient store.  Meskipun begitu, toko dan pasar tradisional pun tetap tumbuh walaupun dengan kecepatan yang lebih rendah dibanding dengan minimarket dan convenient store. 

Di samping sebagai sarana perlindungan terhadap produk, kemasan merupakan kombinasi antara teknologi, seni dan ilmu serta media promosi produk. ìKemasan juga memberikan nilai tambah pada produk dan mendorong keinginan konsumen dalam memilih produk,î tutur Brand Manager Packaging Development PT Sumber Cipta Multiniaga, Rizal Herdian dalam Intensive Workshop: Packaging Quality, Problem Solving dan Study Case yang diselenggarakan oleh Indonesian Packaging Federation (IPF) di Bogor pada 13-14 September 2017 lalu.

Selanjutnya dapat dibaca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...