Tren Pengemas Pangan untuk Generasi Millenial


 

Pengemas mengambil peran penting dalam suatu produk pangan. Selain harus memenuhi nilai keamanan pangan, pengemas juga diharapkan mempunyai nilai inovasi khususnya untuk menarget generasi millenial saat ini. Tren pengemas ke depan akan banyak dipengaruhi oleh generasi millenial berkisar tentang pengemas yang natural, sederhana, dan jelas. 

 

Hal itu disampaikan dalam Seminar Global Megatrends & Millenials Consumer Needs yang diselenggarakan oleh Indonesia Packaging Federation (IPF), merupakan rangkaian acara Pameran SIAL Interfood 2017 di Jakarta pada 22 - 25 Nopember 2017. 

"Generasi millenial saat ini tidak hanya mementingkan kalori, tetapi juga gizi apa yang terkandung di dalamnya," ungkap Direktur Pengembangan Bisnis Asia Printpack. Vivek A. Chougule.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif Sector Asia Sealed Air Food Care Gareth Reynold juga menuturkan bahwa terdapat enam pilar dalam inovasi pengemasan yang perlu dilakukan dalam menarget generasi millenial ini. 

Enam pilar tersebut adalah kenyamanan dalam penggunaan, harga, keamanan, fungsi, cerita dalam produk, dan kerberlanjutan. Generasi millenial, seperti yang dijelaskan oleh Gareth, akan lebih kritis pada suatu produk yang diawali dengan kesan pertama pada pengemas. 

"Untuk menghadapi generasi millenial, suatu retail harus memiliki strategi terutama pada bidang pengemasan. Karena, pasar dapat pergi bila mereka tidak mendapat apa yang diinginkan dalam pengemas tersebut," jelas Gareth Rheynold. FRI-35

Artikel Lainnya

  • Des 30, 2020

    Tren Snack Lebih Menyehatkan

    Produk snack bercita rasa asin-gurih (savory snacks) sampai saat ini masih banyak diminati dan mengisi pasar-pasar yang ada. Pertumbuhan ekonomi dan pergeseran demografis menciptakan pemintaan yang baru untuk produk dengan pengalaman rasa yang lebih banyak di negara Asia. Pasar konsumen yang muncul di Asia lebih memilih produk dengan flavor yang kuat dengan karakter eksotis yang lekat.  ...

  • Des 29, 2020

    Ingridien Pangan Berkelanjutan

    Hampir di seluruh negara di dunia, kategori untuk produk pangan yang lebih menyehatkan terus mengalami peningkatan. Studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memperkuat tren ini. Konsumen saat ini ingin lebih jauh mengetahui terkait apa yang dimasukkan ke tubuhnya, bagaimana bahan tersebut didapatkan sampai ke tahap pertama (petani), sampai pengaruh serta dampaknya pada planet. ...

  • Des 28, 2020

    Peran Cita Rasa dalam Pemilihan Produk Pangan

    Salah satu kunci utama bagi industri pangan hingga kuliner untuk menembus pasar yang ada sekarang ialah memperhatikan cita rasa (taste) produknya. Faktor utama yang memengaruhi daya penerimaan terhadap suatu makanan adalah rangsangan cita rasa yang ditimbulkan oleh makanan tersebut. Terdapat berbagai komponen yang berperan dalam menentukan rasa makanan, beberapa di antaranya yakni aroma, bumbu dan penyedap.  ...

  • Des 27, 2020

    Tantangan Keamanan Pangan Global

    Tidak dapat dimungkiri, memastikan pangan yang aman adalah prasyarat utama dalam memproduksi suatu produk pangan. Di saat seperti ini, di mana sistem pangan semakin kompleks, ada kerentanan yang dapat menyerang dan mengganggu sewaktu-waktu dan secara luas. Peluang terjadi pemalsuan (fraud) atau perusakan (tampering) tidak dapat diprediksi atau dikendalikan melalui Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Dengan tantangan yang semakin meningkat ini, perlu adanya upaya pertahanan pangan yang harus dilakukan (food defense).  ...

  • Des 26, 2020

    Autentikasi Produk Pangan

    Setiap produk pangan memiliki spesifikasi atau substansi/ komponen yang berbeda (unik). Pangan asli merupakan pangan yang bebas dari pemalsuan, terutama yang berkaitan dengan komposisi, sifat dan kemurnian varietas, asal geografis serta metode/ teknologi pembuatannya. Pada produk pangan olahan, pangan dianggap asli jika produk atau isinya sesuai dengan spesifikasi dan informasi pada label.  ...