Perbedaan Generasi Pengaruhi Pemilihan Produk Pangan Berklaim Kesehatan



Preferensi dalam memilih produk pangan, terutama produk dengan klaim kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan generasi. Nielsen Health & Wellness Survey (2014) menyebutkan bahwa generasi Z atau konsumen kelompok umur kurang dari 20 tahun mempunyai keinginan yang paling tinggi dalam membeli produk-produk premium daripada generasi lainnya. Namun, generasi Z tidak melihat bahwa kesehatan menjadi faktor yang sangat penting dalam pemilihan suatu produk pangan jika dibandingkan kelompok generasi Milenial. Di samping itu, generasi Milenial atau konsumen kelompok umur antara 21 ñ 34 tahun mempunyai kesadaran yang paling tinggi terhadap faktor kesehatan, namun keinginan untuk membeli produk premium lebih rendah disbanding generasi Z. Adapun konsumen generasi X, Baby Boomers dan Silent Generation berturut-turut terjadi penurunan baik dalam hal keinginan untuk membeli produk premium, maupun dalam melihat aspek kesehatan dari produk pangan. 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...