Varian Krekers dan Metode Pembuatannya



Sekarang krekers telah berkembang menjadi banyak varian, misalnya krekers dengan metode two dough sheeting, pastry crisp crackers, topped crackers, krekers pretzel, dan krekers tipis berbasis gandum. ìMasing-masing jenis krekers mempunyai karakternya sendiri dan dalam pembuatannya diperlukan pengembangan proses, misalnya dari mesin dan peralatan. Hal ini karena setiap varian krekers mempunyai tantangan tersendiri dalam proses produksinya,î tutur Senior Vice President, Sales & Marketing Reading Bakery System, David Kuiper dalam sebuah seminar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Krekers dengan metode two dough sheeting merupakan krekers yang melalui pembentukan dua lembaran adonan tipis yang selanjutnya dapat ditambahkan ingridien lain sebagai isian di tengahnya. Tantangan dalam pembentukan lembaran pada produk ini adalah penyamaan atau singkronisasi dua lembaran agar terbentuk lembaran yang sama tebalnya dan tidak terpotong. Selain itu, perlu dilakukan langkah untuk meminimalkan perenggangan dan menyatuan kedua lembaran. Adapun untuk ingridien yang ditambahkan di dalam atau di antara lembaran, konsistensi dispersi harus diperhatikan untuk mendapatkan krekers dengan persebaran isian yang merata. Perlu pula dilakukan cara untuk mengatasi kelengketan pada saat sealing dan pemotongan dengan rotary cutter. 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Localizing Bakery Products" | Januari 2018 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya