Aspek Warna dalam Menentukan Sensoris Pangan



Warna merupakan salah satu faktor penting selain bau dan tekstur sehingga warna menentukan mutu suatu produk pangan. Mutu produk pangan dapat diperkirakan dari warnanya seperti tingkat kematangan buah yang dinilai berdasarkan persepsi visual. Warna produk pangan ditentukan oleh perubahan kimia, biokimia, mikrobiologis, dan fisik selama pengolahan.

Produk pangan yang dikonsumsi mengalami perubahan dari bahan mentah melalui serangkaian proses pengolahan. Kebanyakan produk olahan tersebut tidak menarik jika tidak diberi warna. Tanpa pewarna, daging burger akan berwarna abu-abu yang tidak menarik. Biasanya konsumen mempunyai persepsi hubungan antara warna dan kelayakan konsumsi berdasarkan pengalaman seperti warna cokelat dari buah kupas yang menunjukkan bahwa buah tersebut sudah dikupas lama dan sudah tidak segar lagi.  Warna juga memengaruhi persepsi sensori lainnya seperti rasa, bau, dan tekstur.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Flavor: The Essence of Good Food" | Februari 2018 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...