Pangan Fungsional, Tren Pangan Global yang Terus Tumbuh



Berdasarkan data Innova Market Insight (2017), 2 dari 5 konsumen di US dan Inggris diketahui meningkatkan konsumsi produk-produk yang menyehatkan. Di samping itu, 7 dari 10 konsumen di US dan Inggris memiliki keingintahuan terhadap daftar ingridien yang tertera dalam label kemasan; dan 1 dari 5 konsumen US sangat terpengaruh dengan klaim ethical seperti non-GMO dan organik.

ìMelihat dari tren terkini, konsumen menjadi sangat hati-hati atau penuh pertimbangan dalam memilih produk pangan,î tutur Head of Innovation & Development Center Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia: Functional Beverages, Let Your Beverage Be Your Medicine yang diselenggarakan di Bogor pada 20 Februari lalu. Ia menjelaskan bahwa tren pangan fungsional juga terlihat dari meningkatnya klaim better-for-you di US dari 42% di 2012 menjadi 49% pada 2017.

Prospek dan peluang inovasi produk-produk pangan fungsional dapat dilihat dari tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dari beberapa tren yang sedang terjadi, Yuna menjelaskan tiga tren yang erat kaitannya dengan pangan fungsional, yaitu mindful choices, lighter enjoyment dan positively processed. 

Lebih lengkapnya silakan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2018 : "Exploring Traditional Functional Ingredients"

Artikel Lainnya

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...