White Biotechnology untuk Industri Masa Depan



Bioteknologi putih atau white biotechnology adalah salah satu lini dari ilmu bioteknologi yang berfokus pada penerapan bioteknologi dalam bidang industri yang mengacu pada penggunaan sel-sel hidup atau enzim untuk mendukung produk industri.

 Dengan menerapkan bioteknologi putih maka implementasi dalam industri yang berkelanjutan dapat diwujudkan. 

"Masa depan industri adalah bagaimana mengimplementasikan cara dan teknologi dengan menggunakan teknologi genomik. Pada flavor dan fragrance pun demikian. Untuk itu, penggunaan white biotechnology ini akan sangat berpotensi," jelas Vice President Corporate R&D Asia Pasific, Firmenich Aromatics China, Dr. Dong Gang Chen dalam acara Indesso R&D Center Inauguration yang diselenggarakan di Cibubur, 9 Mei 2018. 

Dalam penerapannya, penggunaan teknologi genomik dapat digunakan untuk mendapatkan wewangian yang mirip dengan aslinya namun dihasilkan dari yeast yang nantinya akan menghasilkan aroma yang mirip dengan sumber aslinya. 

Dengan demikian, dapat mengurangi beberapa dampak yang dihasilkan dari penggunaan sumber-sumber alami seperti kayu jenis Indian sandalwood yang biasa didistilasi untuk menghasilkan minyak Indian sandalwood. Fri-35

Artikel Lainnya