Memahami Fenomena Age Gelation Pada Produk Susu UHT



Age gelation merupakan fenomena meningkatnya viskositas susu secara tajam yang akhirnya akan membentuk struktur gel pada susu UHT selama proses penyimpanan. Salah satu kasus terjadinya age gelation di produk susu Indonesia adalah berita tentang temuan gumpalan mirip kaki katak pada 2016 lalu.

Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof. Purwiyatno Hariyadi menerangkan bahwa fenomena gumpalan tersebut merupakan age gelation. ìAge gelation adalah fenomena meningkatnya viskositas susu secara tajam yang akhirnya nanti akan semakin kental dan membentuk struktur gel yang bersifat irreversible atau tidak bisa kembali ke bentuk cair. Hal ini terjadi secara unik pada susu UHT,î tuturnya. 

Ia menjelaskan bahwa dalam susu normal mempunyai nilai viskositas sekitar 3 cP dan jika disimpan pada suatu kondisi atau suhu tertentu, maka ada suatu saat akan mengalami peningkatan viskositas mencapai 10 cP. Besarnya viskositas tergantung dari intensitas gel yang terbentuk.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya