Melirik Tren Produk Susu dan Analognya



Produk susu dan analognya seperti yogurt dan susu asam merupakan produk yang memiliki nilai potensial untuk dikembangkan. Pasar minuman susu, yogurt, susu asam, dan susu beraneka rasa terus mengalami pertumbuhan terutama pada kawasan Asia Pasifik. Indonesia bahkan menempati tingkat pertama dalam konsumsi produk susu dan susu beraneka rasa, disusul kemudian China, India, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Pertumbuhan terhadap konsumsi produk susu dan analognya tersebut tentu didasarkan pada beberapa hal yang memengaruhi seperti faktor urbanisasi masyarakat, meningkatnya populasi kelas menengah, mudahnya akses untuk mendapatkan produk, serta aspek kesehatan yang terdapat pada produk. 

Persepsi terhadap suatu produk juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya permintaan dan daya konsumsi yang terjadi pada masyarakat. Produk susu dan yogurt misalnya, memiliki persepsi yang beragam di mata konsumen. Produk tersebut dianggap sebagai produk yang dapat memberikan energi, menjadi pengganti makanan dan minuman bahkan menggantikan peran kudapan (snack) secara konvensional. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...