Arah Perkembangan Produk Pangan Organik




Produk organik seringkali memiliki banyak arti di masyarakat saat ini. Seringkali organik hanya diartikan sebagai produk yang tidak menggunakan pestisida. Padahal, produk organik adalah produk yang memenuhi dua aspek yakni keamanan pangan yang di dalamnya meliputi faktor aman, bergizi, dan sehat sedangkan yang kedua adalah yang dapat memenuhi aspek alami, diproduksi oleh lokal dan memiliki nilai berkelanjutan.

"Tren produk organik akan mengarah banyak pada produk pangan bayi seperti pada formulasi, snack, dan juga produk minuman bayi seperti susu formula," jelas Business Development Starches, Sweeteners & Texturizers Indonesia, Cargill, Andreas Kurniawan dalam technical seminar Food Ingredients Asia 2018.

Selain berfokus pada produk bayi, tentu tren produk organik tersebut juga akan menyisir orangtua bayi dengan rentang usia yang termasuk ibu-ibu muda. Produk organik juga akan terus meningkat seiring dengan tingkat kesadaran dan edukasi yang diterima oleh konsumen saat ini terkait pangan yang menyehatkan seperti tren clean label.

"Pangan yang enak tetap tidak dapat dipisahkan oleh konsumen saat ini, dibandingkan dengan langsung menghindari untuk tidak mengonsumsi produk tersebut, konsumen lebih memilih untuk mengurangi atau mengecilkan porsi biasa yang mereka konsumsi," tutur Commercial Excellence Marketing Manager (APAC) Cargill Food Ingredients & Bio-Industrial Enterprise, Ching Ching Liew. Fri-35

Artikel Lainnya