Arah Perkembangan Produk Pangan Organik




Produk organik seringkali memiliki banyak arti di masyarakat saat ini. Seringkali organik hanya diartikan sebagai produk yang tidak menggunakan pestisida. Padahal, produk organik adalah produk yang memenuhi dua aspek yakni keamanan pangan yang di dalamnya meliputi faktor aman, bergizi, dan sehat sedangkan yang kedua adalah yang dapat memenuhi aspek alami, diproduksi oleh lokal dan memiliki nilai berkelanjutan.

"Tren produk organik akan mengarah banyak pada produk pangan bayi seperti pada formulasi, snack, dan juga produk minuman bayi seperti susu formula," jelas Business Development Starches, Sweeteners & Texturizers Indonesia, Cargill, Andreas Kurniawan dalam technical seminar Food Ingredients Asia 2018.

Selain berfokus pada produk bayi, tentu tren produk organik tersebut juga akan menyisir orangtua bayi dengan rentang usia yang termasuk ibu-ibu muda. Produk organik juga akan terus meningkat seiring dengan tingkat kesadaran dan edukasi yang diterima oleh konsumen saat ini terkait pangan yang menyehatkan seperti tren clean label.

"Pangan yang enak tetap tidak dapat dipisahkan oleh konsumen saat ini, dibandingkan dengan langsung menghindari untuk tidak mengonsumsi produk tersebut, konsumen lebih memilih untuk mengurangi atau mengecilkan porsi biasa yang mereka konsumsi," tutur Commercial Excellence Marketing Manager (APAC) Cargill Food Ingredients & Bio-Industrial Enterprise, Ching Ching Liew. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...