BPDPKS Pamerkan Hasil Riset Sawit Nasional




Kelapa sawit merupakan komoditas unggulan dengan aplikasi yang sangat luas pada berbagai bidang. Hingga saat ini, banyak dilakukan kajian terhadap kelapa sawit untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama integrasi dengan industri. 

Untuk itu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Pekan Riset Sawit Indonesia (Perisai) pada 1-2 Agustus 2019. Dalam kegiatan ini akan ditampilkan riset yang memiliki solusi konkret dalam menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh para pelaku sawit di Indonesia.

"Satu-satunya komoditas perkebunan yang berdaya adalah kelapa sawit jika dibandingkan dengan komoditas lainnya. Untuk itu perlu cermat memilih dalam riset untuk kelapa sawit ini untuk dikembangkan dan disinergikan dengan industri di Indonesia, " terang Menteri Koordinator bidang Perekonomian RI, Damin Nasution dalam sambutan pembukaan dalam acara Perisai 2019 yang diselenggarakan oleh BPDPKS di Jakarta, 1 Agustus 2019.

Beberapa riset yang saat ini didanai dan dikembangkan pada skala industri antara lain; (i) pengembangan proses perengkahan katalitik minyak sawit untuk produksi bahan bakar nabati; (ii) pengembangan produksi sabun kalsium untuk pakan ternak ruminansia berbahan baku PFAD; dan pengembangan pabrik kayu sawit hasil peremajaan dengan teknologi sandwich laminated lumber. Fri-35

Artikel Lainnya