Pembatasan Merek dan Kemasan Polos di Berbagai Negara



Setiap tahun, sekitar 95% produk baru gagal di pasaran karena kesalahan branding. Pembatasan merek secara perlahan tapi pasti akan merenggut hak para pemilik merek dalam menampilkan identitas produk mereka kepada konsumen. Beberapa negara yang juga telah melakukan implementasi pembatasan merek di antaranya. 

Pada tahun 2012, Australia menjadi negara pertama yang menerapkan Undang-Undang atas kemasan polos pada produk tembakau. Tahun 2014, ekuador mengimplementasikan sistem pelabelan dengan sistem lampu lalu lintas untuk produk pangan olahan. Di tahun 2017, Afrika Selatan telah menerapkan peringatan kesehatan untuk minuman beralkohol dengan format gambar yang sangat jelas, dapat terbaca, dan menyita setidaknya seperdelapan total label kemasan. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2019, Ingredient Insights. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.

Artikel Lainnya

  • Apr 19, 2021

    Klasifikasi Pewarna Produk Pangan

    Ada beberapa klasifikasi pewarna yang digunakan untuk pangan, tetapi yang paling umum adalah pembagian menjadi pewarna alami dan sintetis. ...

  • Apr 18, 2021

    Peran Warna dalam Produk Pangan

    Warna adalah salah satu atribut organoleptik pangan yang paling mengesankan dan utama, yang secara langsung memengaruhi preferensi, pemilihan dan keinginan konsumen untuk mengonsumsinya. ...

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...