Peran Penting Kemasan dan Label Produk Pangan




Seiring dengan perkembangan industri pangan yang kian pesat, produk-produk pangan yang ada di pasaran juga gencar berinovasi untuk tetap menjadi pilihan konsumen. Dalam memastikan suatu produk pangan diterima oleh pasar, industri pangan harus memahami penerimaan konsumen terhadap ekapektasi produk. Ekspektasi tersebut salah satunya terkait penampilan produk melalui kemasan dan label.

"Fungsi kemasan pada saat ini telah berubah sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat.

Kemasan tidak hanya sebagai wadah dan pelindung, namun juga menjadi identitas produk yang menyediakan informasi produk bagi konsumen, dalam hal ini dicerminkan oleh label produk. Label dalam produk pangan berisi representasi dan informasi, kepastian, perlindungan, pertanggungjawaban, serta peraturan produk," tutur Ketua IPB SDGs Network, Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, MS dalam seminar Konsumen Cerdas #Kenali Labelnya yang diselenggarakan pada 31 Agustus 2019 di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Bogor.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, label khususnya yang berhubungan dengan sertifikasi, sekaligus sebagai alat promosi penjualan yang menjadi daya tarik dan dapat mempengaruhi minat beli konsumen. "Label yang dimaksud ini bisa memuat aspek kekhususan seperti halal, permintaan pasar seperti vegan dan organik, keunggulan produk contohnya berkelanjutan, serta memuat peraturan seperti PIRT dan MD.

Karena isu lingkungan sekarang sedang menjadi aspek yang diperhitungkan, kemasan produk pangan yang memiliki label daur ulang lebih banyak dipilih karena dianggap berkelanjutan," pungkas Bayu. Fri-37

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...