Peran Industri dalam Ketahanan Pangan & Gizi Nasional



Ketahanan pangan merupakan salah satu isu yang menjadi perhatian seluruh negara di dunia. Secara global, ketahanan pangan mengambil peran yang penting dalam pembentukan iklim makroekonomi yang kondusif. Ketahanan pangan tidak hanya terkait dengan kecukupan ketersediaan pangan, tetapi juga pada akses bahan pangan, dan pada tahapan yang lebih maju terkait dengan tingkat keamanan. Pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

The Economist dalam Global Food Security Index juga mengukur ketahanan pangan dengan membagi tiga pilar, yakni availability, affordability,
dan quality and safety. Pembagian pilar ini tidak terlalu berbeda dengan pembagian pilar yang dilakukan oleh FAO maupun Indonesia, khususnya untuk pilar availability dan affordability.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi September 2019, Confectionery: Art of Healthy Indulgence. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.

Artikel Lainnya