Praktik Higienis untuk Peralatan Industri Pangan



Sejalan dengan tuntutan konsumen dan panduan otoritas penanganan pangan yang aman dan bermutu, setiap produsen pangan berusaha untuk meningkatkan mutu dan keamanan produknya. Pangan yang aman dan bermutu tidak hanya mengenai bahan baku, bahan penolong, dan bahan pengemas, tetapi juga terkait dengan proses yang dijalankan. Proses pengolahan yang juga termasuk proses pengawetan ini dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan dan mesin pengolahan.

Variasi peralatan dan mesin pengolah pangan dapat sangat tinggi prosesnya, mulai dari sebuah penggorengan yang sederhana hingga sebuah sistem sterilisasi aseptis. Akan tetapi, terlepas dari tingkat kerumitan yang ada, peralatan dan mesin yang digunakan di dalam proses pengolahan pangan harus memiliki tingkat higienitas tertentu untuk memastikan produk akhir yang dihasilkan memenuhi persyaratan keamanan dan mutu.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2019: Better Machinery, Better Processing, Better Quality of Foods. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039. 

Artikel Lainnya