Status dan Tantangan Gizi Wilayah Asia Tenggara



Menurut data organisasi pangan dan pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO), prevalensi kekurangan gizi di daerah Asia, khususnya Asia Tenggara, mengalami penurunan dari tahun-tahun sejak 2005. Hingga tahun 2018, persentase prevalensi kekurangan gizi telah berada di angka 9,2 dibandingkan dengan tahun 2005 sebesar 18,5.

Di wilayah Asia Tenggara, prevalensi kekurangan gizi (2016-2018) paling tinggi ditempati oleh Timor-Leste (24,9%), disusul Kamboja (16,4), Filipina (13,3%), Myanmar (10,6%), Vietnam (9,3%), dan kemudian Indonesia (8,3%). Melihat status gizi masyarakat Asia Tenggara, tantangan untuk wilayah ini masih tidak jauh dari triple burden of malnutrition seperti kekurangan gizi, gizi berlebih, dan kekurangan zat gizi mikro

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi November 2019, Gizi dan Kesehatan: Tantangan Industri Pangan. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039. 

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...