Arah Perkembangan Pangan Siap Saji Pasca COVID-19



Pangan siap saji (ready to eat meal) memiliki sejarah yang panjang. Dimulai saat Nicholas Appert (1806) pertama kali mengembangkan makanan kaleng menggunakan proses sterilisasi sebagai
respon dari permintaan pemerintah Perancis untuk mengawetkan produk pangan. Sejak saat itu, pangan kaleng hingga terus berkembang sampai pada pangan siap saji mengalami berbagai inovasi.

Pada tahun 1960-an, pangan siap saji dengan menggunakan teknologi retort mulai digunakan sebagai ransum oleh Departemen Pertahanan Militer Amerika Serikat. Tidak berselang lama, tahun 1968, produk komersial pertama yang menggunakan teknologi retort untuk pangan siap saji diluncurkan oleh Otsuka Japan dengan produk “Bon Curry”. Hal ini kemudian terus berkembang sampai dengan jenis pangan siap saji yang ada saat ini.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2020: Flavor Indonesia. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #flavor #indonesia #foodflavor

Artikel Lainnya