Analisis Metabolomik dalam Industri Pangan



Kata metabolomik (metabolomics) diambil dari Bahasa Yunani metabole yang berarti perubahan, sedangkan akhiran -ome berarti totalitas. Definisi kata metabolom mengacu pada satu set lengkap metabolit molekul berukuran kecil (<1,5 kDa), yang terdapat pada sel atau jaringan. Secara keseluruhan metabolomik didefinisikan sebagai analisis kualitatif dan kuantitatif metabolit (atau metabolom) secara komprehensif, pada waktu dan kondisi tertentu. Analisis yang dimaksud dapat dengan menggunakan berbagai alat kromatografi maupun spektrometri dan kombinasinya.

Analisis komposisi suatu sampel yang berupa campuran kompleks seperti biofluid manusia atau matriks pangan memerlukan penggunaan teknologi instrumentasi dengan resolusi tinggi seperti spektroskopi resonansi magnetik nuklir (NMR), spektroskopi fourier transform infrared (FTIR), kromatografikinerja tinggi dikombinasikan dengan spektrometri massa
(LC-MS), dan kromatografi gas - spektrometri massa (GC-MS).

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2020: Technology for Safer and Better Foods. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #technology #for #safer #and #better #foods

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...