Mesin Pengeringan Beku dalam Industri Pangan



Pengeringan beku (freeze drying) merupakan salah satu metode pengeringan yang mempunyai keunggulan dalam mempertahankan mutu hasil pengeringan, khususnya untuk produk-produk yang sensitif terhadap panas. Metode pengeringan ini membutuhkan peralatan khusus yang disebut sebagai mesin pengering beku (freeze dryer). Mesin ini merupakan suatu jenis mesin pengering yang menggunakan pemanasan secara tidak langsung atau indirect drying atau juga disebut pengering konduksi (conduction dryer).

Pengeringan beku dapat memberikan mutu hasil pengeringan yang paling baik dibandingkan dengan metode pengeringan lainnya. Keunggulan produk hasil pengeringan beku antara lain adalah struktur yang tidak mengerut sehingga memungkinkan rehidrasi akan berjalan sangat cepat, retensi flavor yang tinggi karena pengeringan berlangsung pada suhu rendah, serta daya hidup dan rekonstitusi sel-sel hidup pada produk kering-beku tetap tinggi.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2020: Technology for Safer and Better Foods. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #technology #for #safer #and #better #foods

Artikel Lainnya