KACANG BERKUALITAS DARI PRAMBANAN KENCANA



Salah satu tren baru dalam dunia bakeri adalah pemakaian kacang-kacangan. Selain karena dapat menyumbangkan kandungan serat pada bakeri, kacang juga dapat menambah cita rasa bakeri. Technical Marketing Prambanan Kencana, Fachrid Dwi Prayitno mengungkapkan bahwa ìKacang-kacangan saat ini telah menjadi tren untuk dikonsumsi karena orang cenderung mencari produk yang menyehatkan.î Aplikasinya dalam pembuatan roti dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dicampurkan ke adonan secara langsung dan dipakai sebagai topping, sedangkan apabila dimanfaatkan sebagai ingridien masakan, penggunaannya lebih luas lagi dan dapat menjadi ingridien utama. Dalam penggunaannya, kacang sebagai toping dapat dimanfaatkan dalam bentuk utuh, namun apabila ingin dicampurkan di adonan, kacang dapat dicincang untuk mempermudah proses pembentukan. Pihaknya menyediakan beragam komoditas kacang, seperti almond, chasew, hazelnut, pine, pistachio, dan walnut. Selain kacang-kacangan, pihaknya juga menyediakan beragam ingridien bakeri, seperti ragi, improver, baking aids, pewarna, perisa, filling, topping, biji-bijian, dairy, fondant, olive oil, dan sebagainya.

Beberapa industri pangan yang turut berpartisipasi dalam SIAL Interfood 2016 lainnya dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XII, No 12, 2016 edisi "Trendy Bakery" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...