Gairah Industri Pangan di 2017



Indonesia dengan jumlah penduduk lebih kurang 250 juta jiwa, merupakan negara dengan tingkat konsumsi pangan yang tinggi. Berdasarkan data McKinsey & Co (2013), pengeluaran konsumen Indonesia diprediksi naik 7,7% setiap tahun. Disamping itu, terdapat 70 juta penduduk kota yang merupakan masyarakat tingkat konsumsi tinggi dan diperkirakan jumlahnya naik sebesar 5 juta setiap tahun.  McKinsey & Co juga menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia dan menguasai 33% Gross Domestic Product (GDP) ASEAN. Ini merupakan peluang yang sangat besar bagi pertumbuhan Industri Pangan di Indonesia. Kendati demikian, dalam menjawab peluang tersebut industri pangan perlu memperhatikan jaminan kualitas dan keamanan pangan yang diproduksinya. 

Ketua Komite Teknis Regulasi Pangan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI), Susana dan Guru Besar Rekayasa Proses Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, Prof. Purwiyatno Hariyadi menyampaikan beberapa hal yang perlu dicermati oleh industri panga di tahun 2017 ini. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol 1, No 1, 2017 edisi "Innovation Challanges 2017" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...