Tren Kunci Pengembangan Desain Kemasan



Dalam rangka inovasi, pada jenjang produk yang sudah mampu bertahan di pasar, perlu pula dilakukan  diferensiasi desain. Data Mintel (2017) menyebutkan bahwa 52% konsumen Amerika Serikat tertarik pada kemasan yang tidak biasa atau kemasan dengan desain yang eye catching. Di samping itu, 44% konsumen Cina memilih produk dengan kemasan yang sesuai untuk kebutuhan individu misalnya pada minuman ringan berkarbonasi.

Terdapat beberapa tren kunci yang mendorong pengembangan produk-produk kemasan pangan, yaitu meningkatnya kebutuhan akan desain dan kemasan yang shelf standout, kompetisi terhadap efisiensi biaya dari sebuah kemasan, kesadaran akan pentingnya kemasan yang mendukung keamanan dan sustainabilitas lingkungan, serta kesiapan dan pengembangan aplikasi intelligent packaging di masa depan. 

Selanjutnya dapat dibaca di Foodreview Indonesia edisi Oktober 2017

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...