Arah Pengembangan Produk Pangan 2018



Dalam Global Food and Drink Trend 2018, Mintel menampilkan beberapa arah pengembangan produk pangan selama 2018 yang meliputi keterbukaan informasi, sensasi baru, self-fulfilling practice, perlakuan istimewa, dan science fare. Keterbukaan informasi produk merupakan bagian dari kesadaran konsumen terhadap keamanan produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, produk-produk yang menyajikan informasi ketertelusuran dari hulu ke hilir mulai banyak muncul. Mintel membagi jenis inovasi ini menjadi dua yaitu produk dengan klaim alami dan produk dengan klaim ramah lingkungan. Produk berklaim alami tumbuh 29% dan produk berklaim ramah lingkungan tumbuh 22% dari September 2016 sampai Agustus 2017. Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama pada September 2006 sampai Agustus 2007 di mana produk berklaim alami dan ramah lingkungan masing-masing tumbuh 17% dan 1%. 

Pola hidup modern yang mengarah pada aktivitas padat dan tingkat stress yang tinggi juga menjadikan konsumen lebih memperhatikan kesehatan tubuh, termasuk menjaga pola makan yang mendukung kesehatan. Hal tersebut memunculkan kebutuhan konsumen akan produk pangan yang self-fulfilling practice. Konsumen lebih teliti dalam memilih ingridien yang seharusnya dikonsumsi dan ingridien yang harus dihindari.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...