Aspek penting dalam pengembangan produk cokelat


 

Pengembangan produk  cokelat baru juga merespon kebutuhan gizi  atau pola  makan konsumen modern.  Misalnya  penambahan bahan alami atau flavoran baru, seperti halnya vanila alami yang sekarang lebih banyak digunakandalam produk-produk cokelat dibandingkan flavor vanila.  

 

Pada saat suatu industri mulai melakukan formulasi baru atau mengembangkan produk cokelatnya, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, yaitu: (i) jenis cokelat apa yang akan dibuat, apakah  milk chocolate atau white chocolate?; (ii) sebagai apa cokelat tersebut digunakan: apakah sebagai moulded (cokelat cetak), dipped (pencelup) atau enrobed (pelapis)?; (iii) Bagaimana  karakteristik alir yang diperlukan untuk produk?; (iv)erapa ukuran partikel cokelat yang diperlukan?: (v) berapa jumlah padatan (dari kakao dan susu) yang digunakan?; (vi) siapa target pasar produk cokelat baru tersebut? serta apakah produknya bersifat premium atau berharga murah?; (vii) bahan-bahan apa lagi yang harus digunakan untuk membuat formula baru cokelat tersebut?; berapa harga yang akan ditawarkan?.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Mei 2015: Confentionery, Bitter Sweet Appeal of Chocolate.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...