Aspek Sensori dalam Pengembangan Produk Pangan


Aspek sensori merupakan penilaian pertama dari suatu produk pangan. Hal ini jugalah yang menjadi dasar pembeda suatu produk pangan dengan produk farmasi.

Managing Director Foodreview Indonesia, Suseno Hadi Purnomo mengungkapkan bahwa sensori menjadi sangat penting utamanya untuk mengembangkan suatu produk baru. 

"Ada pola pikir yang berbeda antara produsen dan konsumen. Di sinilah peran ilmu dan pengaplikasian sensori dapat menjembatani antara kebutuhan dan keinginan konsumen. Terutama untuk proses pengembangan produk baru," jelasnya dalam Professional Workshop Foodreview Indonesia dengan tema Advanced Application of Sensory Evaluation in Food Industry and Its Challenges yang diselenggarakan di Bogor, 18 Desember 2019. 

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Dr. Dede R. Adawiyah menyebutkan pentingnya manusia sebagai seorang panelis di sebuah uji sensori. 

"Manusia masih menjadi panel paling kritikal sekaligus sumber dari galat terbesar. Namun, hingga saat ini pun belum ada instrumen yang bisa menguji selengkap yang dimiliki oleh indra manusia," pungkasnya. Fri-35

 

Artikel Lainnya