Industri Pangan Menangkap Peluang Pasar Halal



Halal menjadi salah satu peluang pasar yang besar untuk produk pangan. Berdasarkan data Global State of Islam Economic, permintaan produk halal diproyeksikan mengalami laju pertumbuhan 9% di mana pada tahun 2013 nilainya sebesar 2 milyar USD menjadi 3,7 milyar USD pada tahun 2019. Dilihat dari pertumbuhan jenis-jenis produk halal, data Halal Industry Development Corporation menyebutkan bahwa produk kosmetik mempunyai potensi pasar yang paling tinggi, diikuti produk pertanian, farmasetikal, lembaga keuangan syariah, logistik, dan industri wisata.

Tidak hanya di negara dengan mayoritas muslim, banyak negara yang menangkap halal sebagai peluang untuk pengembangan ekonominya, misalnya Taiwan yang beberapa tahun terakhir mulai memperkenalkan diri sebagai negara yang ramah terhadap muslim. Hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas ibadah seperti tempat shalat dan petunjuh arah kiblat yang terdapat di beberapa hotel dan tempat wisata.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya