Industri Pangan Menangkap Peluang Pasar Halal



Halal menjadi salah satu peluang pasar yang besar untuk produk pangan. Berdasarkan data Global State of Islam Economic, permintaan produk halal diproyeksikan mengalami laju pertumbuhan 9% di mana pada tahun 2013 nilainya sebesar 2 milyar USD menjadi 3,7 milyar USD pada tahun 2019. Dilihat dari pertumbuhan jenis-jenis produk halal, data Halal Industry Development Corporation menyebutkan bahwa produk kosmetik mempunyai potensi pasar yang paling tinggi, diikuti produk pertanian, farmasetikal, lembaga keuangan syariah, logistik, dan industri wisata.

Tidak hanya di negara dengan mayoritas muslim, banyak negara yang menangkap halal sebagai peluang untuk pengembangan ekonominya, misalnya Taiwan yang beberapa tahun terakhir mulai memperkenalkan diri sebagai negara yang ramah terhadap muslim. Hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas ibadah seperti tempat shalat dan petunjuh arah kiblat yang terdapat di beberapa hotel dan tempat wisata.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Apr 19, 2021

    Klasifikasi Pewarna Produk Pangan

    Ada beberapa klasifikasi pewarna yang digunakan untuk pangan, tetapi yang paling umum adalah pembagian menjadi pewarna alami dan sintetis. ...

  • Apr 18, 2021

    Peran Warna dalam Produk Pangan

    Warna adalah salah satu atribut organoleptik pangan yang paling mengesankan dan utama, yang secara langsung memengaruhi preferensi, pemilihan dan keinginan konsumen untuk mengonsumsinya. ...

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...