Sebanyak 52 Merek Raih Penghargaan Top Halal Award


 

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk halal serta komitmen Pemerintah untuk menyediakan produk halal di dalam negeri membuat industri halal di Indonesia semakin  berkembang.

Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan marketing research IHATEC baru saja menggelar penganugerahan penghargaan kepada perusahaan  dengan citra halal terbaik yakni Top Halal Award (THA) 2024 di Jakarta (16/10/2024). Bertema 'Building Halal Brand to Capture Global Market', THA 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang siap bersaing di pasar halal global, sebagai diferensiasi yang mendorong perusahaan menjadikan halal sebagai keunggulan utama. Tidak hanya itu, THA juga membantu konsumen dalam memilih merek halal unggulan dan terpercaya yang mampu meningkatkan peluang penjualan. 

Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika mengungkap, para pemenang ditentukan berdasar top halal index yakni sebuah survei komprehensif di enam kota besar di Indonesia yang melibatkan 1700 responden dengan mayoritas kalangan milenial. "Survei dilakukan melalui wawancara langsung, jadi responden ditanyakan pertanyaan seperti merek halal apa yang paling diingat yang ada di benak mereka untuk setiap kategori produk tanpa diberi pilihan jawaban. Jadi murni jawaban yang ada di benak responden," kata Ervin. Survei ini melibatkan lebih dari 1000 merek dan 120 kategori produk meliputi pangan, kosmetik, toiletris, restoran dan wisata ramah muslim. "Tahun ini ada lebih dari 52 merek yang berhasil meraih penghargaan top halal award," imbuh Ervin.

Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sholahudin Al-Aiyub, dalam sambutannya di acara yang sama sangat mendukung Top Halal Award karena ajang ini penting untuk mengapresiasi produk halal di Indonesia, sehingga industri terus berinovasi dan menjalankan kualitas produk dan inovasi yang sesuai prinsip halal dan thayyib.

Dalam acara yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno secara daring mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya Top Halal Award (THA) 2024. Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi halal dan kapasitas di berbagai industri halal, seperti makanan dan minuman halal serta pariwisata halal. Menurut Sandiaga, THA merupakan apresiasi dan dukungan bagi para pelaku industri halal dan terwujudnya visi Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia.

Sedangkan menurut Kepala BPJPH, M. Aqil Irham, potensi produk halal Indonesia di pasar domestik juga ekspor masih terbuka lebar. Untuk mendukung kewajiban sertifikasi halal tahun 2024, BPJPH melakukan berbagai upaya seperti menghimbau, mengajak pelaku industri untuk mengurus sertifikasi halal produknya, terutama untuk pelaku usaha pangan. Kewajiban sertifikasi halal tahap satu ini mulai berlaku pada 17 Oktober 2024. Fri-12

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...