Kolaborasi Teknologi dan Inovasi dalam Kreasi Bisnis Pangan Modern



Bisnis pangan khususnya pada tingkat industri kecil dan menengah merupakan salah satu pilar ekonomi penting di masyarakat. Selain menghadirkan produk-produk makanan yang berkualitas, bisnis pangan juga menjadi salah satu lahan kreasi inovatif generasi millenial yang sangat dinamis. Mengusung brand-brand lokal adalah salah satu tren bisnis pangan yang mulai memikat konsumen di pasaran saat ini.

Melihat besarnya potensi bisnis pangan, maka Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (IncuBie) LPPM IPB bekerjasama dengan Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) serta Botani Square menggelar Bogor Pop Up Food Festival yang bertemakan “Healthy, Nature, and Convenience”.

 “Melalui acara ini, kami harap akan terjadi peningkatan kualitas industri pangan lokal dan kolaborasi yang saling menguntungkan dengan bantuan akselerasi media teknologi yang ada saat ini,” jelas Aji Hermawan selaku Ketua LPPM IPB pada pembukaan acara Bogor Pop Up Festival pada tanggal 5 November 2018 di Botani Square Bogor.

Acara tersebut digelar selama dua pekan, mulai tanggal 5 hingga 18 November 2018 yang melibatkan lebih dari 50 UKM anggota KIBI dan berbagai UKM binaan IncuBie LPPM IPB dalam sesi Expo Produk dan Food Bazaar. Selain itu, Bogor Pop Up Food Festival juga dimeriahkan dengan Talkshow “Akselerasi Startup Pangan Inovatif Menuju Revolusi Industri 4.0” di tanggal 5 November 2018 dan Business Matching “Startup: Bridging Innovation Into Business” pada tanggal 10 November 2018 guna meningkatkan daya saing bisnis pangan di masa depan. Fri-36

Artikel Lainnya

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...

  • Mar 27, 2021

    Pertimbangan dalam Reformulasi Produk Minuman

    Dalam reformulasi bahan pemanis produk minuman, pahami bahwa akan termodifikasi terutama cita rasa, kelarutan, dan viskositasnya. Untuk dapat meningkatkan cita rasa dalam proses pengurangan gula, penting untuk memilih pemanis yang tepat yang ditentukan berdasarkan tujuannya. ...

  • Mar 26, 2021

    Strategi Pengurangan Gula dalam Produk Minuman

    Prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di seluruh dunia kian meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga di Indonesia. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis, cenderung berlangsung lama dan merupakan hasil kombinasi faktor genetik, fisiologis, lingkungan, dan perilaku. ...