Potensi Probiotik Lokal pada Industri Pangan



Asian Conference on Lactic Acid Bacteria ke-10 (ACLAB-10), baru saja selesai diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada, 29-30 Agustus 2019 lalu. Seminar dengan topik bakteri asam laktat, probiotik, dan gut microbiota dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari 18 negara, terdiri dari 15 negara ASIA, serta beberapa negara lainnya, seperti, Bulgaria, Jerman, dan Mexico. Para peneliti dari berbagai negara telah menyampaikan unggulan penelitiannya, termasuk bagaimana mengembangkan potensi probiotik lokal.

Bakteri asam laktat yang berpotensi sebagai probiotik lokal, yang diungkap oleh beberapa invited speaker adalah Lactobacillus plantarum. Min Tze Liong (Malaysia) menyampaikan potensi strain probiotik lokal Malaysia Lactobacillus plantarum DR7 dalam mendukung kesehatan otak. Ying-Chieh Tsai (Taiwan) juga menyampaikan strain psychobiotic lokal L. plantarum PS128 yang diisolasi dari fu-tsai (fermentasi  alami mustard), yang memiliki keunggulan untuk mengatasi neurodegenerative disorder.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi November 2019, Gizi dan Kesehatan: Tantangan Industri Pangan. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039. 

Artikel Lainnya