UU Halal dalam Industri Pangan Indonesia



Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai konsumen sekaligus produsen potensial produk halal. Dalam hal sertifikasi halal, Indonesia memiliki Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memayungi semua organisasi masyarakat Islam dan menyatukan pendapat keagamaan termasuk fatwa halal menjadi satu suara melalui fatwa MUI. Oktober 2019 menjadi tahun mulai diberlakukannya Undang-Undang (UU) Jaminan Produk Halal di Indonesia. Kendati demikian, masih banyak catatan yang harus dioptimalkan dalam proses pengaplikasiannya.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Januari 2020: Tantangan Keberlanjutan Industri Bakeri 2020. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039. 
Newsletter : http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA

Artikel Lainnya

  • Apr 17, 2021

    Teknologi Smart Flavour dari Sumber Ikan

    Smart flavour adalah flavor yang tidak hanya berperan sebagai penguat rasa lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat gizi esensial dan memiliki aktivitas antioksidan.  ...

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...