Peran Teknologi Tepat Guna dalam Bidang Pangan



Berdasarkan Impres No. 3 Tahun 2001, Teknologi Tepat Guna (TTG) didefinisikan sebagai teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. 

Agar TTG dapat berjalan dengan efektif dan efisien perlu menelaah lebih jauh potensi dari setiap masyarakat atau lingkungan yang akan mengaplikasikan teknologi tersebut. Kondisi beberapa daerah di Indonesia, banyak memiliki potensi yang masih belum termanfaatkan dengan baik, khususnya terkait dengan hasil panen seperti umbi-umbian. Melalui pendekatan TTG ini, diharapkan dapat menjadi jalan tengah baik bagi kesejahteraan masyarakat maupun upaya diversifikasi pangan secara lebih luas.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi September 2020: Ingridien Pangan Lokal. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #ingridien #pangan #lokal #foodingredients #locally #sourced

Artikel Lainnya