Sertifikasi SNI dan Halal bagi Air Minum dan Kemasan



Seiring dengan semakin berkembangnya kebutuhan terhadap pangan yang sesuai standar dan halal mendorong industri pangan untuk menerapkan SNI dan sistem jaminan halal bagi produk pangan yang dimiliki. Standar merupakan sarana komunikasi yang efektif antara produsen dan konsumen terhadap mutu suatu produk yang telah disepakati bersama dan menjadi faktor penguat daya saing, pelancar transaksi perdagangan baik di dalam negeri maupun pasar global serta pelindung kepentingan umum yang menerapkan standar produk. Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Halal merupakan dua standar yang sedang digalakkan dalam industri air minum dalam kemasan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Perusahaan Air Kemasan Indonesia (APADIN), sampai 2016 terdapat lebih dari 700 perusahaan air minum dalam kemasan dengan rata-rata kenaikan per tahun 10-12%. ìDari jumlah tersebut, sebanyak 90% perusahaan air minum dalam kemasan adalah UKM. Sehingga diperlukan efisiensi waktu dan biaya dalam pemenuhan sertifikasi SNI dan halal,î tutur Rahmat Hidayat, Ketua Umum ASPADIN dalam seminar sehari yang diselenggarakan pada 17 November 2016 lalu di Jakarta International Expo, Kemayoran. Rahmat menjelaskan bahwa dalam rangka sertifikasi SNI dan halal di seluruh Indonesia diperlukan beberapa hal yaitu sosialisasi dan koordinasi antara pemerintah dan pelaku industri, pelatihan bagi para tenaga penjamin mutu, serta pendampingan bagi UKM. 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XII, No 12, 2016 edisi "Trendy Bakery" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Apr 16, 2021

    Eksplorasi Ingridien Pangan Lokal

    Indonesia sangat kaya akan sumber-sumber ingridien pangan. Beberapa ingridien tersebut bersifat multifungsional dan memiliki karakter yang spesifik. ...

  • Apr 15, 2021

    Empat Kategori Flavor Pangan

    saat ini ada empat kategori flavor yang sedang menjadi kecenderungan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Keempat kategori tersebut adalah comfort flavour, nostalgic flavour, functional flavour dan millennial flavour. Comfort flavour adalah flavor yang membuat nyaman. ...

  • Apr 14, 2021

    Flavor Etnik untuk Produk Pangan

    Di era global ini, terjadi fenomena saling memengaruhi dalam masalah kesukaan konsumen terhadap flavor dan pangan. Pada saat ini, flavor etnik dari bagian manapun di belahan dunia digandrungi oleh konsumen di negara negara Barat, sebelumnya terjadi yang sebaliknya. ...

  • Apr 13, 2021

    Pengembangan Flavor Pangan

    Flavor pangan merupakan kunci utama kesukaan konsumen terhadap makanan dan minuman serta produk pangan (pangan olahan). ...

  • Mar 28, 2021

    Kualitas Pangan Beku

    Produk pangan beku menjadi semakin digemari konsumen karena beberapa alasan seperti: mengurangi kontaminasi, mengendalikan kerusakan pangan yang diakibatkan oleh mikroba, mengendalikan perkembangan mikroorganisme selama penyimpanan, menghambat penurunan zat gizi, serta mempertahankan kualitas organoleptik. ...